Preloader
Amalan Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Nabi SAW

Amalan Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Nabi SAW

Berbuka puasa adalah momen yang dinanti setiap hari selama bulan Ramadhan. Berdasarkan sunnah Nabi Muhammad SAW, ada beberapa amalan yang dapat kita lakukan saat berbuka agar mendapatkan keberkahan dan pahala. Berikut adalah beberapa sunnah berbuka puasa yang dapat diamalkan:


Menyegerakan Berbuka Puasa

Menyegerakan berbuka puasa adalah sunnah yang sangat dianjurkan. Ketika matahari tenggelam atau adzan Maghrib dikumandangkan, segeralah berbuka.

Berdoa Sebelum Berbuka

Sebelum menikmati hidangan berbuka puasa, Nabi SAW membaca doa:

"Dzahabazh zhoma-u, wa abtallatil 'uruuq, wa thabatal-ajru insha Allah”.

Artinya: "Dahaga telah pergi, urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan, insya Allah." (HR Abu Dawud & Baihaqi).

Lalu dilanjutkan dengan doa berbuka puasa:

Bismillaahirrahmaannirrahiim Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya : "Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Berbuka dengan Kurma atau Air Putih

Nabi SAW sangat menyukai berbuka dengan kurma berjumlah ganjil sebelum menunaikan sholat Maghrib. Jika tidak ada kurma, beliau berbuka dengan seteguk air putih. Oleh karena itu, berbukalah dengan makanan yang ringan dan mudah.


Semoga dengan mengamalkan sunnah-sunnah berbuka puasa ini, kita mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlimpah. Selain mengamalkan sunnah-sunnah tersebut, kamu juga bisa memperbanyak aktivitas bermanfaat sambil menunggu waktu berbuka. Seperti menonton kajian, membaca Al-Qur'an dan masih banyak lagi. Untuk pengalaman lebih nyaman, kamu bisa menggunakan internet unlimited dari Netciti.


Selamat menjalankan ibadah puasa, Sobat Netciti!