Preloader
Anti Dehidrasi Saat Puasa

Anti Dehidrasi Saat Puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berka dan ampunan bagi umat islam. Salah satu ibadah wajib di bulan ini adalah berpuasa, di mana kita menahan diri dari makan dan minum selama kurang lebih 13jam.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi saat puasa menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan tubuh tetap sehat dan bugar. Berikut beberapa tips agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama Ramadhan:


Perhatikan Waktu Minum

Waktu terbaik untuk minum air putih saat puasa adalah saat sahur dan berbuka puasa. Gunakanlah metode 2-4-2 selama bulan puasa, 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas menjelang tidur. Minumlah air putih secara perlahan dan tidak terburu-buru agar tubuh dapat menyerap air dengan maksimal. Hindari minum air dingin secara berlebihan karena dapat menyebabkan sakit perut.


Konsumsi Makanan Kaya Air

Banyak jenis makanan yang mengandung air tinggi, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Konsumsi makanan-makanan tersebut saat sahur dan berbuka puasa dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Contoh buah-buahan kaya air adalah semangka, melon, dan timun suri. Lalu, untuk sayuran seperti bayam, kangkung, dan selada dapat dikonsumsi.


Hindari Minuman Manis dan Kafein

Minuman manis dan berkafein dapat menyebabkan dehidrasi. Hindari minuman seperti teh manis, kopi, dan soda selama berpuasa. Ganti dengan minuman yang lebih sehat seperti air putih, jus buah tanpa gula, dan teh herbal.


Batasi Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Aktivitas fisik yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak air. Batasi aktivitas fisik di siang hari, terutama saat cuaca panas. Untuk kalian yang ingin berolahraga saat puasa, pastikan olahraga ringan saja seperti mengikuti mini workout di Youtube. Untuk olahraga yang lebih maksimal pastikan gunakan internet unlimited dari Netciti.


Dengan mengikuti tips-tips diatas , kamu dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama berpuasa. Menjaga hidrasi tubuh sangat penting untuk memastikan tubuh tetap sehat dan bugar, sehingga kamu dapat menjalankan ibadah puasa dengan optimal.