Preloader
Baterai Handphone Cepat Habis? Periksa Beberapa Aplikasi Ini!

Baterai Handphone Cepat Habis? Periksa Beberapa Aplikasi Ini!

Baterai handphone yang cepat habis tentu sangat menyebalkan, apalagi kamu pengguna aktif handphone yang selalu membutuhkannya untuk bekerja, belajar, atau sekedar chatting. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab baterai HP cepat habis atau boros, salah satunya adalah aplikasi.

Aplikasi yang diinstall di ponselmu bisa menjadi salah satu faktornya, sehingga kamu bisa coba cek beberapa aplikasi dibawah untuk mencegah borosnya baterai HP kamu


Media Sosial

Aplikasi media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok, merupakan salah satu aplikasi yang sudah pasti ada di HP kamu. Aplikasi ini menjadi salah satu penyebab borosnya baterai HP-mu. Hal ini karena aplikasi media sosial selalu aktif di background untuk memantau aktivitas pengguna, sehingga kamu dapat menonaktifkan mode background activity untuk mengatasinya.


Games

Aplikasi permainan yang terinstall menjadi salah satu aplikasi yang paling membuat boros baterai. Karena games ini membutuhkan banyak daya untuk merender grafik hingga suara. Selain itu, aplikasi games juga sering berjalan di background bahkan saat tidak sedang dimainkan. Jangan lupa untuk menonaktifkan aplikasinya jika sedang tidak digunakan.


GPS

Beberapa aplikasi kini banyak yang membutuhkan akses navigasi dari GPS, sehingga salah satu faktor borosnya baterai HP kamu adalah navigasi yang selalu aktif untuk melacak lokasi pengguna. Cara mengatasinya, kamu bisa menonaktifkan mode navigasi pada beberapa aplikasi yang membutuhkan lokasi penggunanya. Atau kamu bisa mengubah opsi menjadi "aktifkat saat buka aplikasi" saja untuk menghindari navigasi yang selalu aktif.


Streaming

Aplikasi streaming sudah pasti akan menghabiskan banyak daya untuk memutar video, seperti YouTube dan Netflix. Terlebih saat kalian sedang streaming menggunakan internet yang kurang baik, menyebabkan perangkat harus bekerja lebih keras untuk memproses video yang diterimanya. Sehingga kamu bisa #PakaiNetciti yang asli unlimited untuk pengalaman streaming yang lebih menyenangkan.


Bug Aplikasi

Aplikasi-aplikasi yang memiliki bug juga dapat membuat baterai HP cepat habis, karena bug dapat menyebabkan aplikasi tersebut berjalan secara tidak efisien. Misalnya, bug dapat menyebabkan aplikasi terus berjalan, bahkan saat tidak digunakan. Sehingga saat aplikasi meminta pembaruan, maka cepatlah untuk update ke versi terbaru.


Dengan mengikuti tips-tips diatas, kamu dapat menghemat baterai handphone-mu dan memperpanjang masa pakainya.