Preloader
Fenomena ChatGPT, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Fenomena ChatGPT, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Dunia teknologi kini sedang diramaikan oleh fenomena platform ChatGPT dari perusahaan IT OpenAI yang bisa didapat secara gratis. Sejatinya teknologi AI ini memiliki kemampuan yang cukup mengejutkan.


Apa itu ChatGPT?


Chat GPT atau Generative Pre-training Transformer adalah kecerdasan buatan yang cara kerjanya memakai format percakapan. Kamu bisa memberi pertanyaan kepada jenis AI ini dan secara otomatis memperoleh jawaban dalam waktu singkat. 

Cara mengakses teknologi AI ini sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan kata kunci dari informasi yang diinginkan lalu robot AI akan menjawabnya dengan bentuk teks interaktif.


Baca juga: Alternatif AI Gratis Selain ChatGPT


Kelebihan ChatGPT

Berikut beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan ChatGPT:


1. Memperluas Percakapan

Cara kerja Chat GPT untuk memperluas percakapan dengan cara memulainya dari topik baru secara otomatis. Misalnya, apabila kamu memberikan pertanyaan tentang makanan sehat, Chat GPT akan memulai percakapan dengan topik terkait, lalu meluas ke topik-topik lain seperti gaya hidup sehat, pencegahan penyakit, dan sebagainya.

2. Data Basenya Cukup Luas

ChatGPT sudah dilatih untuk memuat miliaran teks dari internet. Sehingga apapun informasi yang kamu inginkan di dunia maya bisa diperoleh dengan mudah.

3. Penyedia Informasi

Kamu juga bisa menemukan berbagai informasi mengenai arti kata hingga istilah di Chat GPT. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan tentang topik untuk memperoleh jawaban yang akurat. Sayangnya, Chat GPT hanya mampu merekam informasi hingga maksimal tahun 2021, sehingga kamu tidak bisa memperleh informasi terbaru seperti prakiraan cuaca maupun perkiraan harga aset seperti saham atau Bitcoin. 

4. Multitasking

Platform AI satu ini bisa melakukan tugas apapun yang kamu inginkan, seperti memperbaiki kata yang salah, menjawab pertanyaan, generasi teks, dan membuat naskah. ChatGPT juga dapat melakukan dua tugas atau lebih secara bersamaan serta sangat fleksibel untuk berbagai aplikasi.

5.Mudah Digunakan

ChatGPT mempunyai interface yang gampang digunakan untuk berbagai kalangan, baik anak-anak sampai orang dewasa. Untuk memakainya, kamu hanya perlu memasukkan perintah sesuai kebutuhan agar robot AI bisa menjelaskan secara rinci dan sederhana.



Baca juga : 3 Website Keren Ini Wajib Kamu Kunjungi, Mempermudah Kalian Dalam Bekerja!


Kekurangan ChatGPT

Seperti teknologi buatan manusia lainnya, ChatGPT juga memiliki beberapa kelemahan. Di antaranya:

1. Tidak Mampu Membedakan Fakta dan Opini

ChatGPT dilatih dari data yang terdapat dari internet dan beberapa kasus yang ada didalamnya. Namun karena banyaknya informasi yang terserap, Robot AI ini belum bisa membedakan apakah informasi tersebut berupa fakta atau opini.

2. Tidak Bisa Memahami Kata Abstrak

Dalam beberapa kali uji coba, ChatGPT kurang bisa memahami makna abstrak dari sebuah percakapan atau pertanyaan. Sebab platform ini merupakan kecerdasan buatan dan hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah diinputkan oleh perusahaan.

Terlepas dari milyaran data yang terdapat di dalamnya, kecerdasan manusia tetap lebih unggul, khususnya dalam memahami kata-kata abstrak.

3. Tidak Memahami Realita

Saran jawaban dari Chat GPT terkadang kurang kontekstual dengan apa yang kamu inginkan. Misalnya, kamu bertanya tentang cara memperbaiki laptop yang rusak. Mungkin, jawabannya hanya berdasarkan input yang ada, sehingga sifatnya sangat umum dan tidak bisa menjawab kebutuhanmu.   


Terhubung dengan Teknologi dengan internet unlimited #PakaiNetciti

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan ChatGPT, kemajuan teknologi digunakan untuk membantu manusia dalam mempermudah berbagai aktivitas, bukan sebagai fungsi utama apalagi menggantikan kinerja manusia. Untuk itu, kamu bisa menggunakan teknologi artificial intelligence sebagai asisten virtual  selama kamu terhubung di jaringan internet.


Kalau kamu ingin terhubung dengan teknologi masa kini, pastingan jaringan kamu internet unlimited! Berlangganan netciti sekarang juga!