Preloader
Ini Dia Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar!

Ini Dia Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar!

Malam Lailatur Qadar, malam penuh kemuliaan yang diimpikan setiap muslim, diyakini jatuh pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Malam ini lebih baik daripada seribu bulan, dan dilipatgandakan pahala bagi mereka yang beribadah di dalamnya. Tak heran jika umat muslim berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah pada bulan Ramadhan, terutama sepuluh hari terakhir.

Kemungkinan untuk bertemu dengan malam luar biasa ini mendorong dedikasi kita untuk sholat, membaca Al-Quran, dan berbuat kebaikan sepanjang Ramadan. Kita berusaha untuk mensucikan niat, memperbanyak doa, dan mengabdikan diri sepenuh hati untuk beribadah kepada Allah SWT. Peningkatan ketaqwaan ini menjadi semakin nyata pada sepuluh hari terakhir, saat kita dengan tekun mencari dan meraih berkah luar biasa yang dilimpahkan pada Lailatul Qadar. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:


1. Memperdalam Kajian Islam

Untuk mendapatkan malam lailatul qadar, kamu bisa memperdalam kajian islam dengan mengakses berbagai artikel dan video ceramah tentang Lailatur Qadar. Selain itu, kamu bisa mengikuti kajian online yang saat ini sudah banyak diselenggarakan oleh beberapa penyelenggara, hingga memanfaatkan grup-grup kajian di media sosial untuk berdiskusi ilmu seputar Lailatur Qadar.

Di era digital ini, internet enjadi alat yang bermanfaat untuk membantu kita dalam meraih malam Lailatul Qadar, salah satunya adalah Netciti yang Internetnya Asli Unlimited.


2. Memperbanyak Ibadah di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Fokuslah beribadah pada 10 malam terakhir, hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW, "Carilah Lailatul Qadar pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir Ramadhan" (HR Bukhari).


3. Melakukan Salat Malam

Lakukanlah setelah salat tarawih dan tadarusan, namun kamu bisa tidur atau istirahat terlebih dahulu. Lalu saat tengah malam atau menjelang sahur, bangunlah untuk menunaikan malam.

Berdasarkan hadits riwayat Bukhari, "Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatur qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari)


4. Memperbanyak Doa

Memperbanyak zikir dapat membantu mendapatkan malam Lailatur Qadar. Amalan ini tentunya merupakan ibadah yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Sesuai dengan perintah yang terdapat apda Surat Al Araf ayat 205, yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut) nama Allah dengan zikir yang sebanyak-banyaknya."


Manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa. Oleh karena itu, mari isi malam-malam terkahir Ramadhan ini dengan memperbanyak taubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Jika malam ini bertepatan dengan malam Lailatul Qadar, maka berkahnya akan sangat luar biasa. Manfaatkan seitap waktu yang tersisa di bulan Ramadhan ini dengan berbagai ibadah dan amalan.