Preloader
Storage iPhone Penuh? Coba Hapus Other Storage di iPhone-mu!

Storage iPhone Penuh? Coba Hapus Other Storage di iPhone-mu!

Salah satu masalah utama para pengguna iPhone adalah storage atau ruang penyimpanan, walaupun pengguna sudah diberikan banyak opsi storage sebelum membeli, tetapi hal ini tetap saja bermasalah karena file di iPhone terhitung lebih besar dibanding device lain.

Namun kamu bisa menggunakan salah satu cara untuk mengatasi storage yang penuh, yaitu dengan menghapus other storage di iPhone-mu. Other storage adalah data diluar kategori aplikasi, foto, video, dan musik. Other storage dapat mencakup berbagai jenis file, seperti cache, data log, file sistem, hingga data dari aplikasi pihak ketiga.

Jika kamu mulai kehabisan ruang penyimpanan di iPhone-mu, kamu bisa lakukan langkah membersihkan other storage dibawah ini:


1. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Cache dan data aplikasi merupakan file sementara yang digunakan oleh aplikasi untuk meningkatkan performance. File-file ini dapat menumpuk seiring waktu dan memakan banyak ruang penyimpanan di iPhone-mu.

Untuk menghapusnya cukup mudah, kamu bisa buka Setting > General > iPhone Storage. Lalu scroll aplikasi yang ingin kamu hapus cache dan datanya. Klik Manage Storage dan hapus cache aplikasi yang kamu pilih dan jika kamu ingin menghapus semua datanya, klik Delete App.

Jika kamu membutuhkan aplikasinya lagi, cukup install ulang pakai internet yang asli unlimited dari Netciti. Jadi, kamu ga perlu khawatir lagi kehabisan kuota saat lagi download banyak aplikasi.


2. Clean Browsing History Data

Buat kamu yang biasa searching, namun history ga perndah dibersihin dan tab gapernah ditutup, ini bisa jadi salah satu penyebab ruang penyimpanan iPhone-mu penuh.

Coba lakukan pembersihan history dan penutupan tabs di Safari untuk membantu memperluas ruang penyimpanan iPhone-mu. Caranya dengan buka Setting > Safari > Clean History and Website Data > Close All Tabs.


Baca Juga: Tips Supaya Internet Kamu Lancar


3. Bersihkan Recently Deleted

Mungkin beberapa dari kalian sudah merasa menghapus banyak foto dan video, namun ruang penyimpanan masih saja penuh?

Nah, mungkin ini karena kamu belum menghapus foto dan video yang sudah kamu hapus pada folder Recently Deleted. Kamu bisa coba cek kembali folder tersebut dan Delete Permanently untuk memberishkan ruang penyimpanan iPhone-mu.


4. Atur Ulang iPhone

Langkah selanjutnya kamu bisa melakukan pengaturan ulang iPhone-mu, hal ini tentunya akan menghapus semua data dari iPhone-mu, termasuk other storage. Jadi pastikan semua data sudah kamu backup ke iCloud ataupun penyimpanan lain.

Untuk mengatur ulang iPhone, buka Setting > General > Transfer or Reset iPhone > Erase All Content and Settings, lalu ikuti langkah-langkahnya sesuai petunjuk yang ada di layar handphonemu.


5. Berlangganan iCloud

Langkah terakhir jika ruang penyimpanan iPhone-mu masih tetap penuh, kamu bisa berlangganan iCloud. Penyimpanan iCloud berfungsi untuk menyimpan dokumen dan file lainnya di cloud.

Dengan menggunakan iCloud, kamu dapat mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone tanpa harus menghapusnya.


Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat menghemat ruang penyimpanan di iPhone-mu, sehingga kamu bisa lebih bebas untuk menggunakannya untuk foto-foto, download aplikasi, main games, sampai scroll social media karena tidak perlu khawatir lagi terhambat ruang penyimpanan.