Preloader
Update iOS 18, Perubahan Terbesar Sepanjang Sejarah iPhone?

Update iOS 18, Perubahan Terbesar Sepanjang Sejarah iPhone?

Apple dikabarkan akan merilis sistem operasi terbaru untuk iPhone, yaitu iOS 18 pada September 2024. Bocoran yang beredar menyebutkan bahwa iOS 18 akan menjadi salah satu pembaruan terbesar dalam sejarah iOS. Pembaruan ini didukung dengan adanya fitur-fitur menarik.

Berikut adalah beberapa fitur baru yang dikabarkan akan hadir di iOS 18 nanti:

  • Dukungan Rich Communication Services (RCS)
  • Peningkatan Kemampuan AI
  • Perubahan User Interface (UI)
  • Fitur baru dari beberapa aplikasi bawaan Apple, seperti Siri, Messages, Photos, hingga Maps


Rich Communication Services (RCS)

Salah satu fitur baru yang paling menarik adalah dukungan RCS. Rich Communication Services atau RSC adalah standar perpesanan lintas platform yang lebih canggih dari SMS dan MMS.

Dengan dukungan RCS, pengguna iPhone dan Android akan dapat saling berkirim pesan dengan fitur-fitur yang lebih lengkap, seperti teks dan gambar resolusi tinggi, audio dan video call, tanda baca waktu, read receipt, hingga adanya pesan group.

Peningkatan Kemampuan AI

Selain dukungan RCS, iOS 18 juga dikabarkan akan membawa peningkatan kemampuan AI. Peningkatan ini akan terlihat pada asisten virtual Siri, yang akan menjadi lebih pintar dan responsif.

Selain itu, AI juga akan digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna di berbagai aplikasi, seperti Messages, Photos, dan Maps.

Baca Juga: Fenomena ChatGPT, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Fitur Baru Siri

Peningkatan ini juga merupakan fitur penting di iOS 18, dimana Siri akan menjadi lebih pintar dan responsif. Apple dikabarkan akan menggunakan Large Language Models (LLM) milik perusahaan untuk meningkatkan kemampuan Siri. LLM adalah jenis kecerdasan buatan yang mampu memproses dan memahami bahasa manusia dengan lebih baik.

Dengan update iOS 18, Siri akan menjadi lebih berguna dan menarik. Salah satu fitur baru yang menarik adalah kemampuan Siri untuk menghasilkan konten kreatif, seperti puisi, lagu, hingga cerita dengan hasil yang lebih original dan menarik.

Fitur Baru Message

Aplikasi pesan bawaan iPhone juga akan mendapatkan sejumlah fitur baru, seperti kemampuan untuk mengirim sticker AR, pesan suara dengan durasi lebih lama, hingga mengirim pesan yang dengan waktu tertentu.

Fitur Baru Photos

Aplikasi Photos juga akan mendapatkan beberapa fitur baru, seperti edit foto lebih mudah, membuat kolase foto dengan lebih cepat, hingga sharing foto jauh lebih mudah.

Fitur Baru Maps

Aplikasi navigasi bawaan, Apple Maps juga akan ikut mendapatkan pembaruan fitur, seperti bisa melihat peta dengan lebih detail, mencari rute dengan lebih mudah, hingga bisa digunakan secara offline.

Baca Juga: Storage iPhone Penuh? Coba Hapus Other Storage di iPhone-mu!

iOS 18 sendiri masih dalam tahap pengembangan dan Apple belum merilis informasi resmi tentang fitur-fitur baru yang akan hadir di sistem operasi terbarunya ini. Namun, bocoran yang beredar menunjukkan bahwa iOS 18 akan menjadi salah satu pembaruan terbesar dalam sejarah iOS.

Apple juga menyarankan pembaruan iOS dilakukan dengan menyambungkan jaringan internet ke WiFi, agar tidak terjadi kegagalan dalam update iOS. Untuk mendapatkan pengalaman update iOS yang lebih aman, gunakan Internet Unlimited seperti Netciti.

Baca Juga: PT. Netciti Persada Gandeng Lebih Dari 100 Developer Properti Untuk Mewujudkan Smart Digital Living di Indonesia

Jadi, pengguna iPhone sudah siap untuk merasakan perubahan besar yang akan terjadi di update iOS 18 ini?